Jumat, 16 Oktober 2020

APA ITU C A T U R ?

 Catur adalah permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal).

SEJARAH CATUR

catur sudah mulai ada pada abad ke-6 masehi. Catur pertama kali muncul di India selama masa pemerintahan raja-raja Gupta. Pada abad ke-10, catur menyebar dari Asia ke Timur Tengah dan Eropa. Catur dikenal sebagai permainan perang yang disebut chaturanga. Chaturanga berasal dari Sansekerta untuk formasi pertempuran yang disebut dalam cerita Mahabarata.

Permainan tersebut kemudian berkembang dan menyebar ke berbagai wilayah di dunia dengan karakteristik berbeda. Di wilayah timur dibawa oleh peziarah Budha, pedagang jalur sutra hingga sampai ke China. Pada abab ke-11, catur datang ke Jepang dan Korea. Di Eropa catur datang melalui Persia pada kekaisaran Bizantium dan terus mengalami perkembangan.

Mulai dari Persia kemudian catur mulai dikenal di seluruh penjuru dunia dan terus mengalami perkembangan dari segi permainan. Pada abad ke-15 peraturan dan teori catur mulai ditulis dalam sebuah buku yang bernama “Repeticion de amores y Arte de Ajedrez” yang ditulis oleh Luis Ramirez de Lucena. Orang-orang yang mengembangkan catur didaratan Eropa diantaranya seperti Lucena, Pedro, Gooachinio Greco dan masih banyak lagi. Catur masuk ke Nusantara atau Indonesia di bawah Kolonial Belanda yang menjajahnya. Pada abad ke-19, perkembangan catur di Indonesia mulai terlihat.

 PERATURAN

Peraturan catur diterbitkan oleh FIDE (Fédération Internationale des Échecs, bahasa Indonesia: Federasi Catur Dunia), badan yang bertanggung jawab dalam membuat dan merevisi aturan catur secara internasional, yang dipublikasi dalam suatu Buku Pegangan.

Persiapan

Posisi awal dilihat dari sisi hitam

Baris bawah: benteng, kuda, gajah, raja, menteri, gajah, kuda, dan benteng
Baris atas: 8 pion

Posisi awal dilihat dari sisi putih

Baris bawah: benteng, kuda, gajah, menteri, raja, gajah, kuda, dan benteng
Baris atas: 8 pion

Buah catur terdiri dari dua set berwarna hitam dan putih. Satu set terdiri dari 16 buah, dan buah-buah tersebut, diurutkan dari yang terpenting, terdiri dari satu raja, satu menteri, dua gajah, dua kuda, dua benteng, dan delapan bidak. Bidak-bidak tersebut disusun seperti yang ditunjukkan oleh gambar di samping. Satu buah catur hanya bisa menempati satu petak.

Permainan dilangsungkan di atas papan permainan berpetak dengan ukuran 8 baris (disebut juga ranks, ditandai dengan angka 1-8, diurutkan dari terbawah menurut sisi buah putih) dan 8 kolom (disebut juga files, ditandai dengan huruf a-h, diurutkan dari paling kiri menurut sisi buah putih) berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) yang berselang-seling. Khusus bagi buah menteri, menteri putih diletakkan di petak putih (biasanya di petak D1) dan menteri hitam di petak hitam (biasanya di petak D8). Raja diletakkan berdampingan dan berada di samping menteri (buah putih di e1 dan hitam di e8).

 

Buah putih

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/7e/Chess_piece_-_White_king.jpg/69px-Chess_piece_-_White_king.jpg

Description: Chess klt45.svg Raja

 

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/af/Chess_piece_-_White_queen.jpg/69px-Chess_piece_-_White_queen.jpg

Description: Chess qlt45.svg Menteri

 

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/1d/Chess_piece_-_White_bishop.JPG/69px-Chess_piece_-_White_bishop.JPG

Description: Chess blt45.svg Gajah

 

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/31/Chess_piece_-_White_knight.JPG/68px-Chess_piece_-_White_knight.JPG

Description: Chess nlt45.svg Kuda

 

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/fe/Chess_piece_-_White_rook.JPG/70px-Chess_piece_-_White_rook.JPG

Description: Chess rlt45.svg Benteng

 

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/ed/Chess_piece_-_White_pawn.JPG/69px-Chess_piece_-_White_pawn.JPG

Description: Chess plt45.svg Bidak/Pion

Buah hitam

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f1/Chess_piece_-_Black_king.JPG/71px-Chess_piece_-_Black_king.JPG

Description: Chess kdt45.svg Raja

 

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/d3/Chess_piece_-_Black_queen.JPG/70px-Chess_piece_-_Black_queen.JPG

Description: Chess qdt45.svg Menteri

 

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/ba/Chess_piece_-_Black_bishop.JPG/68px-Chess_piece_-_Black_bishop.JPG

Description: Chess bdt45.svg Gajah

 

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/ff/Chess_piece_-_Black_knight.JPG/69px-Chess_piece_-_Black_knight.JPG

Description: Chess ndt45.svg Kuda

 

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/19/Chess_piece_-_Black_rook.JPG/70px-Chess_piece_-_Black_rook.JPG

Description: Chess rdt45.svg Benteng

 

Description: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/7e/Chess_piece_-_Black_pawn.JPG/67px-Chess_piece_-_Black_pawn.JPG

Description: Chess pdt45.svg Bidak/Pion

Gerakan

Permainan dimulai dengan masing-masing pemain duduk berhadapan dan (bila belum diatur) mengatur buah catur sesuai aturan. Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemain yang mendapatkan buah putih memulai langkah pertama pertama kali, sedangkan pemain lawan yang mendapat buah hitam mendapat giliran selanjutnya, dan seterusnya oleh pemain buah putih dan hitam secara bergiliran. Setiap langkah hanya boleh menggerakkan satu buah catur saja (kecuali untuk rokade, ada dua buah catur yang digerakkan). Buah catur dipindahkan ke petak kosong atau petak yang sudah ditempati oleh buah catur lawan, yang berarti menangkap dan menyingkirkan, atau memakan, buah catur lawan dari papan permainan. Namun ada pula aturan khusus untuk memakan buah catur lawan, yaitu gerakan en passant.

Memindahkan salah satu buah pada saat giliran pemain tersebut merupakan suatu kewajiban yang mutlak, bahkan bila langkah itu merugikan pemain. Seorang pemain sedapat mungkin tidak melakukan langkah apa pun yang akan membuat atau membiarkan buah raja pemain masuk pada keadaan sekak. Ada dua skenario akhir permainan catur yang paling terkenal. Bila pemain tidak dapat lagi menggerakkan raja (sesuai aturan) agar keluar dari keadaan sekak, maka raja masuk ke dalam keadaan sekakmat, dan permainan berakhir dengan kemenangan pemain yang menyekakmat. Selain itu, bila buah catur tidak bisa bergerak meskipun raja tidak dalam keadaan terancam, atau permainan memperlihatkan bahwa tidak ada lagi kemungkinan bagi kedua pemain untuk menyekakmat satu sama lain, maka permainan berakhir dengan keadaan remis.

Setiap buah catur memiliki gerakan masing-masing. Berikut merupakan aturan gerak dari buah-buah catur. Perlu diingat bahwa hampir semua jenis buah catur, kecuali kuda, tidak boleh melompati buah lain, baik milik pemain maupun milik lawan.

Gerakan raja

Raja hanya dapat bergerak satu petak ke segala arah, kecuali jika dihalangi buah lain. Raja juga memiliki gerakan khusus yang disebut rokade dengan turut melibatkan sebuah benteng.

Gerakan benteng

Benteng dapat bergerak sepanjang petak secara horizontal maupun vertikal, tetapi tidak dapat melompati buah catur lain. Bersama dengan raja, benteng terlibat dalam gerakan rokade.

Gerakan gajah

Gajah dapat bergerak sepanjang petak secara diagonal, tetapi tidak dapat melompati buah catur lain. Karena gerak diagonalnya, gajah di petak hitam akan selalu di petak hitam dan sebaliknya.

Gerakan menteri

Menteri memiliki gerakan kombinasi dari benteng dan gajah, sehingga dapat bergerak sepanjang petak ke segala arah (baik horizontal, vertikal, maupun diagonal), tetapi tidak dapat melompati buah catur lain.

Gerakan kuda

Kuda dapat bergerak ke segala arah sepanjang gerakannya seperti huruf L, yaitu memanjang dua petak dan melebar satu petak, atau memanjang satu petak dan melebar dua petak. Hanya kuda satu-satunya buah catur yang dapat melompati buah catur lain.

Gerakan bidak

Bidak atau Pion dapat bergerak maju (ke arah lawan) satu petak atau (khusus pada langkah awal) hingga dua petak ke petak yang tidak ditempati (titik hitam). Bidak hanya dapat bergerak untuk memakan buah catur lawan satu petak secara diagonal dan tidak dapat memakan buah yang ada di depannya (X hitam). Bidak tidak dapat berjalan mundur, baik untuk berpindah atau memakan. Bidak memiliki dua gerakan khusus, yaitu en passant dan promosi.

Rokade

Rokade (bahasa Inggris: castling) merupakan gerakan khusus dalam catur di mana raja bergerak dua petak secara horizontal menuju benteng di baris pertamanya, kemudian meletakkan benteng pada petak di belakang jalur yang dilalui raja. Kedua benteng dapat digunakan untuk melakukan gerakan ini.

Rokade hanya bisa dilakukan jika memenuhi semua persyaratan berikut:[8]

Buah raja dan benteng yang akan terlibat harus tidak pernah bergerak sebelumnya;

Tidak ada buah lain yang menghalang di antara raja dan benteng;

Raja tidak sedang disekak atau tidak akan berpindah ke petak yang membuatnya disekak, ataupun petak-petak yang dilalui raja tidak sedang dalam keadaan tidak aman oleh buah catur lawan.

Rokade tetap boleh dilakukan (meskipun kadang ada pertandingan tertentu yang melarang) jika:

Buah benteng yang terlibat rokade sedang dalam keadaan tidak aman atau akan diserang;

Jalur yang dilalui benteng sedang diserang.

En passant

Ketika pion bergerak dua petak maju dan ada pion lawan yang berada satu petak persis di samping pion tersebut, maka pion lawan dapat memakan dan menempati petak yang baru saja dilalui pion tersebut, seolah-olah pion yang dimakan hanya bergerak satu petak. Gerakan ini disebut en passant. Namun, gerakan ini hanya dapat dilakukan sesaat setelah melakukan langkah pertama pion untuk maju dua petak, atau hak lawan untuk melakukan gerakan en passant ini menjadi hilang.

Promosi

Ketika pion telah maju hingga menempati baris paling akhir (di daerah lawan), bersamaan dengan gerakan maju tersebut, pion tersebut dipromosikan dan harus ditukar dengan buah lain tertentu (seperti menteri, benteng, gajah, dan kuda) berdasarkan keinginan pemain dengan warna yang sama. Pada umumnya, pion akan dipromosikan menjadi menteri. Tidak ada batasan untuk pemilihan jenis buah catur yang menjadi hasil promosi suatu pion, sehingga jumlah dari buah catur berjenis tertentu setelah terjadi promosi dapat berjumlah lebih dari seharusnya. Contohnya, pion dapat dipromosikan ke menteri, meskipun masih ada menteri di atas papan, sehingga permainan saat itu memiliki dua menteri. Oleh karena itu, peserta dapat menyimpan buah catur lebih banyak daripada yang diperlukan di awal permainan. (Mis. dua menteri, tiga benteng, dsb.)

Sekak

Ketika raja sedang diserang oleh satu atau lebih bidak lawan, keadaan ini disebut dengan sekak. Pemain yang rajanya disekak harus menggerakkan rajanya, dan hanya boleh melakukan gerakan tersebut saat itu, supaya tidak dalam keadaan sekak. Hal ini dapat dilakukan dengan memakan buah lawan yang menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan sebuah buah di antaranya (apabila yang menyerang menteri, benteng, atau gajah, dan ada petak kosong di antara raja dan buah lawan), atau memindahkan raja ke petak yang tidak sedang diserang. Rokade bukan salah satu gerakan untuk menghindari sekak.

Tujuan permainan adalah mencapai posisi sekakmat. Sekakmat terjadi apabila buah raja lawan terancam dan tidak lagi cara agar bisa menyelamatkan diri dari serangan. Gerakan tidak boleh dilakukan jika perpindahan membuat raja sendiri langsung tersekak. Seorang pemain boleh saja meneriakkan sekak bila menempatkan raja lawan dalam bahaya, tetapi hal tersebut bukanlah keharusan dan jarang dilakukan di pertandingan resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PUISI HATI

hati terasa kosong langit yang cerah seakan gelap menanyakan pada langit apakah dia merindukankuh? apa yang sedang dilakukan? hati bergejola...